MAU JUAL WEBSITE disini? Silahkan...
Cara Pindahan Hosting WordPress ke Layanan Hosting Baru

Cara Pindahan Hosting WordPress ke Layanan Hosting Baru

Ada banyak alasan mengapa Anda perlu mengganti layanan hosting lama dan memindahkan website WordPress ke layanan hosting baru. Beberapa alasan yang kerap terjadi misalnya disebabkan oleh kecepatan loading lambat, masalah down time, kurangnya dukungan support, hingga harga yang tidak sebanding dengan layanan. Dalam tutorial ini kami akan mengulas cara pindah hosting WordPress melalui tiga pilihan berbeda.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda memiliki:

  • Akses ke dashboard admin WordPress
  • Akses ke control panel dan database hosting
  • Akses ke control panel hosting baru
  • Akses ke domain panel

Langkah 1: Pindahkan File Website ke Hosting Baru

Pilihan 1: Cara Pindah Hosting WordPress Manual

Ini adalah cara yang disarankan jika Anda ingin migrasi website WordPress dari layanan hosting lama ke hosting baru. Syaratnya, Anda perlu memiliki akses ke file WordPress dan database terlebih dahulu. Secara sebenarnya yang Anda perlukan hanyalah memindahkan file dan database dari layanan hosting lama ke hosting baru serta mengedit code pada file wp-config.php.

Pemindahan file dapat melalui File Manager, FTP client, maupun phpMyAdmin. Silakan ikuti petunjuk di bawah ini guna memindahkan website WordPres Anda ke hosting baru.

1. Pertama-tama, Anda perlu mengunduh file WordPress dari hosting lama dan letakkan pada komputer Anda. Anda dapat menggunakan File Manager atau FTP client. Silakan unduh semua file dari direktori website WordPress Anda ke komputer.

Pada contoh ini, WordPress terinstal di folder public_html. Anda perlu mengunduh semua file dari folder ini.

a. Silakan pilih semua file dengan cara klik Select All, kemudian klik kanan dan pilih Compress.

download file wordpress

b. Pilih format Zip dan klik tombol Compress File(s).

kompres file

c. Setelah itu silakan klik kanan pada file hasil kompresi dan klik Download.

download

2. Ketika file sudah diunduh, Anda dapat melanjutkan ke proses selanjutnya dan mengeksport database MySQL. Cara export database MySQL silakan ikuti petunjuk berikut ini.

a. Masuk ke cPanel dan pilih menu phpMyAdmin.

pilih phpmyadmin

b. Pilih nama database yang ingin di export, jika Anda tidak mengetahui dengan pasti databasenya, dapat di lihat di dalam file wp-config.php yang ada pada direktori public_html (jika WordPress diinstal pada domain utama).

memilih database

c. Setelah itu silakan pilih tab Export (ditandai dengan angka 1), pilih Quick pada Export Method (2), dan pilih SQLpada bagian Format (3). Klik Go (4) untuk melanjutkan.

eksport database

3. Silakan unggah file WordPress ke hosting baru yang sebelumnya sudah Anda unduh. Proses unggahan dapat dilakukan melalui File Manager atau FTP Client. Anda dapat mengikuti tutorial cara upload website ke hosting dengan file manager atau FTP.

4. Silakan untuk membuat database MySQL pada akun hosting baru melalui cPanel, Anda dapat mengikuti tutorial cara membuat database MySQL di cPanel. Silakan masukkan nama, username, dan password database. Setelah itu import file MySQL yang sebelumnya di-export melalui phpMyAdmin.

import database

5. Selanjutnya Anda perlu mengedit file wp-config.php di hosting baru dan menentukan detail database MySQL. File wp-config.php dapat dicek pada folder utama WordPress. Silakan ubah 3 nilai di bawah ini.

  • DB_NAME – nama database MySQL
  • DB_USER – username database MySQL
  • DB_PASSWORD – password user MySQL

edit wp-config

Hostname biasanya menggunakan localhost. Akan tetapi, kami menyarankan untuk memastikannya ke penyedia hosting Anda. Jika terdapat error pada proses pemindahan file WordPress, silakan minta bantuan tim support hosting yang digunakan atau kami dapat membantu dengan layanan kami.

Leave a Reply

%d bloggers like this: