MAU JUAL WEBSITE disini? Silahkan...
Jaman Digital Semua Berniaga Secara Online dengan Memanfaatkan Website

Jaman Digital Semua Berniaga Secara Online dengan Memanfaatkan Website

Saat ini zaman berkomunikasi dan berniaga sudah banyak perubahan lho mas dan mbak! Beda kenapa sih? (jadi penasaran…)

Untuk menjelaskannya ini ane ceritain sedikit aja nih, kenapa kok zaman sekarang sudah beda dalam berkomunikasi dan berniaga?. Gini ceritanya:

Merupakan perubahan dari teknologi mekanik dan elektronik analog ke teknologi digital yang telah terjadi sejak tahun 1980 dan berlanjut sampai dengan hari ini. Dimana perubahan itu pada awalnya mungkin dipicu oleh sebuah generasi remaja yang lahir pada tahun 80-an. Analog dengan perubahan teknis pertanian, perubahan teknis Industri, dan perubahan teknis digital menandai awal daripada era Informasi.

Adanya perubahan ini sehingga dapat mengubah cara pandang seseorang dalam menjalani kehidupan yang semua sangat canggih pada saat ini. Sebuah teknologi yang membuat perubahan besar kepada seluruh dunia, dari mulai membantu mempermudah segala urusan dengan menggunakan fasilitas digital yang semakin canggih ini dengan baik dan benar yang diterapkan dalam dunia Internet atau dapat disebut Online.

Sekilas penjelasan perubahan zaman berkomunikasi dan berniaga, biar paham dah dunia teknologi yang udah canggih.

Perwujudan hal tersebut salah satunya dengan cara pembuatan website. Webiste tidak dapat merambah informasi digital jika tidak menggunakan Domain dan Hosting.

Lanjut….

Apakah Domain?

DOMAIN adalah alamat website kita. Domain dipergunakan untuk mempermudah pengunjung mengingat alamat websit yang kita miliki. Karena itulah, kita perlu memiliki nama domain yang mudah diingat. Domain terdiri dari 2 bagian.

  1. Nama domain
  2. Extension

Kita ambil contoh: YAHOO.COM

YAHOO adalah nama domain
COM adalah extension.

Penamaan domain hanya diijinkan menggunakan huruf, angka dan atau garis penghubung. Pengunaan huruf kapital dan huruf kecil diabaikan. Artinya:

Dalam pemberian nama Domain dan Extension harus diikuti dengan tanda baca Titik (.) untuk pengenalan extension domain yang dipakai.

Jadi YAHOO.com dan Yahoo.Com atau yAHoo.cOm akan tetap menuju akses atau browsing ke halaman yahoo.com semuanya

Sebuah nama domain hanya boleh dimiliki oleh satu orang saja. Jika suatu domain sudah dimiliki oleh orang lain, maka kita harus menunggu hingga domain itu expired dan tidak diperpanjang kembali oleh pemiliknya. Biasanya memakan waktu 2 bulan

Extension sendiri ada banyak sekali terbagi jadi 3 bagian:

  • Generic TOP LEVEL DOMAIN (gTLD)
  • USA Top Level Domain
  • Country Code Top Level Domain (ccTLD)

List lengkap extension bisa kita temukan di http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Internet_top-level_domains

Biasanya yang banyak dipakai oleh para pebisnis online adalah: COM, NET, ORG, INFO

SUBDOMAIN

Subdomain adalah domain di bawah domain. Tapi dia berdiri sendiri. Kita bisa mengibaratkan subdomain ini seperti provinsi dalam suatu negara. Provinsi ada dalam negara tapi dia independent dan seolah terpisah.

Contoh Subdomain: MAIL.YAHOO.COM

MAIL adalah subdomain
YAHOO adalah domain
COM adalah extension

Jika mau, anda bisa membuat banyak subsub domain. Misalnya seperti ini:

nama.saya.keren.info

Hehehe… keren kan? Semua diikuti dengan tanda titik.

 

Apakah Hosting?

Kita mengetahui tentang DOMAIN dan sekarang apa itu HOSTING.

Hosting adalah tempat kita meletakkan file2 pembangun web. Jika Domain bisa diibaratkan sebagai alamat rumah, maka hosting adalah tanah-nya.

Hosting bisa diperoleh degan cara menyewa di penyedia hosting, misalnya pada NIAGAHOSTER.CO.ID (merupakan salah satu penyedia Hosting berkualitas prima yang memiliki akses Cepat dan Stabil dengan beragam Space Hosting yang disediakan serta harga yang terjangkau), biar gak lupa ini logonya…heheheNiagahoster

 

maka selanjutnya kita hanya diberi tanah kosong untuk kita bangun. Terserah mau di bangun apa. Tapi umumnya pihak penyedia hosting memberikan aturan terkait dengan pemakaian space hosting yang kita sewa.

Sebuah hosting dapat kita kelola melalui CPANEL. Biasanya beralamat di http://namadomain,com/cpanel misalnya domain kita itu Rumahtheme.com maka alamat cpanelnya http://lrumahtheme.com/cpanel

Dari CPanel ini kita bisa melakukan apa aja terhadap hosting yang kita sewa. Seperti hendak mengetahui besarnya space hosting yang kita sewa atau juga bisa menginstall aneka script web yang dibutuhkan, atau bisa juga hanya sebagai tempat menampung file2 website kita saja.

 

Semoga dapat menambah ilmu mengenai dunia internet atau online Anda 🙂

 

%d bloggers like this: